0
Beribadah merupakan salah satu yang telah dianjurkan semua agama yang ada di dunia sebagai salah satu bentuk rasa syukur kepada sang tuhanya. Salah satu agama yang memiliki lima waktu dalam sehari adalah agama islam. Agama islam memiliki tata cara beribadah sendiri sesuai yang telah diajarkan oleh nabinya Muhammad SAW. Perlu kita ketahui bahwa shalat merupakan salah satu rukun Islam dalam ajaran Islam dan setiap muslim diseluruh dunia diwajibkan untuk menunaikan atau mengerjakan shalat karena shalat merupakan kewajiban. Adapun shalat sendiri terdiri 5 Waktu shalat wajib yang antara lain Shalat Maghrib, Shalat Isya, Shalat Subuh, Shalat Dhuhur dan Shalat Asyar. Dari ke-5 sholat tersebut mempunyai beberapa manfaat dan keutamaan bagi para muslim seperti yang telah di janjikan oleh Alloh Swt. Namun mempelajari setiap gerakan sholat itu pun tidak sembarangan ada tata cara sholat yang benar sesuai dengan tuntunanya.
Sudah sepantas dan selayaknya bagi kita yang menjalankan syariat ini dengan benar. Apalagi pada anak – anak usia dini yang harus benar – benar menanamkan nilai islam dan berlatih cara belajar gerakan sholat dan bacaan sholat. Hal ini merupakan salah satu modal utama yang mesti kita ketahui terlebih dahulu ketika mau menjalankan ibadah sholat. Sehingga mereka tidak akan lalai untuk tetap menjalankan ibadah wajib yang mesti kita jalankan sebagai orang islam. Pentingnya menjalankan salat telah diperjelas dengan firman Alloh ”  “……Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS.An Nisa: 103). Untuk itu bagi para orang tua yang memiliki seorang anak, mari kita mengajarkan kepada mereka tuntunan sholat yang baik dan benar, dimana pun tempatnya asal bisa mnedapatkan ilmunya tersebut. Berikut adalah cara belajar sholat yang mesti anda ketahui sebagai orang islam.
Sebelum kamu benar-benar mengerti dan tahu tentang gerakan sholat beserta bacaanya, berikut anda juga mesti tahu dulu apa saja rukun wajib yang harus kamu jalankan ketika kamu akan melaksanakan sholat fardhu, berikut adalah rukun sholat.
1. Berdiri bagi yang mampu.
2. Takbiratul ihram.
3. Membaca surat Al Fatihah pada tiap rakaat.
4. Rukuk dan tuma’ninah.
5. Iktidal setelah rukuk dan tuma’ninah.
6. Sujud dua kali dengan tuma’ninah.
7. Duduk antara dua sujud dengan tuma’ninah.
8. Duduk dan membaca tasyahud akhir.
9. Membaca salawat nabi pada tasyahud akhir.
10. Membaca salam yang pertama.
11. Tertib melakukan rukun secara berurutan.

Lebih lengkapnya yuk simak tutorial video Tata Cara Sholat Dengan Tertib berikut ini :

Posting Komentar

 
Top